Untuk mengelola suatu sistem kearsipan di sebuah
perusahaan/instansi di butuhkan beberapa petugas arsip yang trampil dan
mampunyai pengetahuan tentang sistem kearsipan yang baik agar terjadinya pengurusan
arsip yang benar dan dengan adanya perugas arsip yang mengetahui betul tentang
arsip, perusahaan pun akan mampu mengoperasikan perusahaan tersebut
dengan baik dengan adanya sistem kearsipan yang baik di perusahaan
tersebut. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang tenaga
kearsipan/petugas arsip (arsiparis):
Menurut Littlefield dan
Peterson, seorang arsiparis harus memenuhi enam syarat pokok yang mutlak dan
harus dimilik, yaitu :
- berpendidikan sekolah menengah dan memiliki kecerdasan normal.
- memahami susunan abjad dengan baik dan memiliki penglihatan yang tajam untuk dapat membedakan nama kecil dan angka-angka dalam warkat.
- Memiliki kecermatan.
- Memiliki suatu pikiran yang tertarik pada perincian-perincian yangkecil.
- Memiliki sifat kerapihan dalam bekeja.
- Memiliki sifat pertimbangan yang baik.
Menurut Drs Anhar, Untuk
menjadi arsiparis diperlukan minimal empat syarat, yaitu ketelitian, kecerdasan
dan pengetahuan umum,ketrampilan dan kerapihan. Di samping itu arsiparis harus
memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Menguasai pengetahuan tata kearsipan.
- Selalu mengikuti perkembangan di bidang pekerjaan, seperti memahami peralatan-peralatan baru yang lebih canggih yang akan membantu tugasnya.
- Mengenal selukbeluk organisasi/instansi dengan tugas-tugas dan jabatan-jabatan
- Memiliki keterampilan dalam bidannya dan kepribadian yang baik
Jadi dapat disimpulkan bahwa syarat petugas arsip atau
arsiparis yang baik adalah sebagai berikut :
- pengetahuan dan keterampilan tentang arsip, surat menyurat, seluk beluk tentang organisasi/instansi dan tata kearsipan atau sistem kearsiapan.
- Pendidikan minimal sekolah Menengah Kejuruaan.
- Tekun, teliti, rapih, cermat dan sabar dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Cekatan, cerdas dan kreatif dalam menjalankan pekerjaan.
- Disiplin, jujur dan tanggung jawab.
- Ramah dan sopan dalam melayani permintaan arsip.
- Loyal dan dapAt menyimpan rahasia.
- Sehat rohani dan jasmani.
- Bekerja secara professional.
pengetahuan tugas tugas jabatan dari pejabat yang memimpin organisasi antara lain adalah uraian jabatan dan alur kerja. agar dapat mengenali jenis jenis dokumen yang diterima dan diciptakan dari pejabat termaksud
BalasHapusUntuk Pengarsipan Elektronik Anda Bisa menggunakan Aplikasi DigitAllDocs (baca: digital doc). DigitAllDocs adalah software pengarsipan yang sangat lengkap dilengkapi dengan 5 kategori dokumen : Surat Masuk, Surat Keluar, Dokumen Keuangan, Kartu Nama dan Dokumen Lainnya.
BalasHapusBerbeda dengan software pengarsipan lainnya DigitAllDocs mampu menyimpan segala jenis file digital termasuk file multimedia seperti : mp4, mp3, wav, pdf, docx, xlsx dan lain-lain
Download disini : http://bit.ly/1k0BcGq
Anjeun hiji lalaki bisnis atawa awéwé? Anjeun dina naon baé stress finansial atanapi ngalakukeun nu peryogi dana pikeun ngamimitian up bisnis sorangan? Dupi anjeun gaduh skor kiridit lemah sareng anjeun nyungsi eta teuas pikeun ménta kecap injeuman ti bank lokal
BalasHapussarta institutes finansial séjén?
a) Personal injeuman, ékspansi Usaha.
b) Usaha Mimitian-up jeung Pendidikan.
c) Debt konsolidasi.
d) gajian Duit Hard.
Metoda kami nawarkeun maneh kasempetan nangtang jumlah injeuman diperlukeun na ogé durasi nu bisa mampuh ngalengkepan repayment injeuman kalawan laju dipikaresep of 2%. Ieu méré Anjeun kasempetan nyata pikeun meunangkeun dana nu peryogi. Ngalamar kabetot kedah ngalengkepan di handap
rinci: -
Formulir aplikasi *
Nami lengkep:
Jumlah Diperlukeun:
Injeuman Lilana:
penjajahan:
Panghasilan bulanan:
umur:
Alamat / Nagara:
Telepon Contact:
ngahubungan kami dinten langsung via: consumeraffairsloan@gmail.com
Awaiting Tanggapan anjeun
Salam,
Baik
BalasHapus