Rabu, 26 September 2012

9 Manfaat Baik Dalam Mengkonsumsi Makanan Pedas


     Sekarang ini sudah banyak sekali jenis makanan yang beragam cita rasanya, dan salah satu di antaranya adalah rasa pedas!!

     Banyak orang yang tidak bisa melewatkan satu hari saja  tanpa memakan makanan pedas contohnya saya,, “Tiada hari tanpa makanan pedas” memakan makanan pedas sudah menjadi wajib bagi saya sehari-harinya. Namun ada juga orang yang tidak menyukai pedas dikarenakan yang memang dilarang untuk memakan makanan pedas dan ada juga yang takut makan pedas karena berfikir memakan makanan pedas akan membuat perutnya sakit.

     Hal tersebut memang bisa saja terjadi, namun makanan pedas juga mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kita, salah satunya adalah :

1. Anti Kanker
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan pedas secara teratur dapat mengurangi resiko kanker. Di dalam makanan pedas terkandung beberapa zat yang diantaranya merupakan Capsaicin yang menurut penelitian Capsaicin mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat yang ada di sekitarnya, dan Capsaicin inilah yang menyebabkan mulut kita terasa terbakar (terasa pedas) di saat kita memakan makanan pedas. Bahakn di beberapa negara yang mempunyai kesukaan mengkonsumsi makanan pedas cenderung memiliki rata-rata pengidap kanker yang lebih rendah di bandingkan negera lain. 

2. Menyehatkan Jantung
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat meminimalisir serangan jantung. Hal tersebut dikarenakan cabai merah dapat mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat dan mencegah pembekuan darah, dan Capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas dapat melawan peradangan (inflamasi) yang telah diidentifikasi sebagai faktor resiko penyakit jantung.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Peneliti dari Third Military Medical University, China, menemukan bahwa bahan aktif yang memberikan rasa pedas pada cabai, yaitu Capsaicin dapat membantu merelaksasi pembuluh darah, sehingga makanan pedas ini sangat membantu bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan fungsi Pencernaan
Capsaicin yang terkandung dalam cabai juga berfungsi untuk memperbaiki fungsi pencernaan dalam tubuh kita. Capsaicin dapat meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus serta membantu membunuh bakteri H.pylori yang merupakan penyebab sakit maag. Tetapi untuk anda yang mengalami heartburn (rasa panas) setelah mengkonsumsi makanan pedas, anda bisa mengkonsumsi tablet antiacid yang dapat menetralisir asam di lambung.

5. Menurunkan Berat Badan
Hampir setiap orang pasti setuju jika makanan yang diberi sambal atau sesuatu yang pedas akan lebih menggugah selera kita untuk makan. Selain untuk menggugah selera makan kita, sambal tersebut juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan, hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai, yaitu Capsaicin memiliki efek termogenik yang dapat mempercepat metabolisme dalam tubuh dan dapat membakar kalori lebih cepat pada saat mengunyah selama 20 menit. Hal ini terjadi karena Capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung.

6. Menghilangkan Gejala Flu
Capsaicin yang terkandung dalam cabai membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7. Mengurangi Stres
Makanan pedas dapat meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Dan hasilnya, makanan pedas ini membantu mengusir depresi dan stres pada diri manusia.

8. Melancarkan Pernapasan
Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya dan membuat bernapas menjadi lebih baik.

9. Menjaaga Mood
Cabai merah dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

1 komentar:

  1. Anjeun hiji lalaki bisnis atawa awéwé? Anjeun dina naon baé stress finansial atanapi ngalakukeun nu peryogi dana pikeun ngamimitian up bisnis sorangan? Dupi anjeun gaduh skor kiridit lemah sareng anjeun nyungsi eta teuas pikeun ménta kecap injeuman ti bank lokal
    sarta institutes finansial séjén?

    a) Personal injeuman, ékspansi Usaha.

    b) Usaha Mimitian-up jeung Pendidikan.

    c) Debt konsolidasi.

    d) gajian Duit Hard.

    Metoda kami nawarkeun maneh kasempetan nangtang jumlah injeuman diperlukeun na ogé durasi nu bisa mampuh ngalengkepan repayment injeuman kalawan laju dipikaresep of 2%. Ieu méré Anjeun kasempetan nyata pikeun meunangkeun dana nu peryogi. Ngalamar kabetot kedah ngalengkepan di handap
    rinci: -

    Formulir aplikasi *

    Nami lengkep:

    Jumlah Diperlukeun:

    Injeuman Lilana:

    penjajahan:

    Panghasilan bulanan:

    umur:

    Alamat / Nagara:

    Telepon Contact:

    ngahubungan kami dinten langsung via: consumeraffairsloan@gmail.com

    Awaiting Tanggapan anjeun

    Salam,

    BalasHapus